Apa Arti Nofollow untuk Peringkat Search Engine dan Mengapa Harus Saya Peduli?

Apakah Anda ingin membangun backlink ke situs web Anda untuk membantu dalam upaya pengoptimalan mesin pencari Anda? Maka Anda harus menyadari apa yang disebut backlink nofollow. Backlink nofollow adalah salah satu yang bot Google tidak mengikuti kembali ke situs web Anda. Jika bot Google tidak mengikuti tautan, Anda tidak mendapatkan manfaat tautan balik untuk situs web Anda. Dengan kata lain, backlink tidak meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari.

Google terutama menentukan peringkat situs berdasarkan jumlah dan kualitas tautan balik. Backlink hanyalah tautan dari situs web lain yang menautkan kembali ke situs web ANDA. Backlink berkualitas dapat berupa tautan dari sumber yang bereputasi seperti situs web New York Times, blog teratas seperti Huffington Post, atau mungkin situs web perguruan tinggi atau pemerintah. Situs web yang lebih kecil dan kurang dikenal dapat membantu peringkat mesin telusur Anda saat mereka memberikan tautan kembali ke situs web Anda. Bahkan, salah satu tempat termudah untuk mendapatkan tautan cepat adalah di bagian komentar dari blog utama. Jika Anda membaca artikel dan memutuskan untuk mengomentari artikel itu, Anda ditanya apakah Anda ingin menyediakan situs web. Jika Anda memberikan situs web Anda dan komentar disetujui, Anda telah menempatkan backlink ke situs Anda di blog itu!

Tetapi sebelum Anda mengadakan pesta untuk mendapatkan backlink baru, Anda sebaiknya memastikan bahwa itu bukan tautan nofollow. Ada dua cara mudah untuk memeriksa tautan nofollow. Salah satu caranya adalah dengan melihat bagian komentar dari blog dan menyalin nama seseorang yang membuat komentar dan meninggalkan tautan situs web. Kemudian lihat sumber halaman web tersebut dengan mengklik kanan dan memilih sumber tampilan. Kemudian lakukan CTRL-F (pencarian) untuk nama komentator. Saat Anda menemukan nama komentator di kode sumber, Anda juga akan melihat tautan ke situs web mereka. Jika Anda melihat istilah nofollow di mana saja di tautan itu, lebih khusus lagi rel = “nofollow,” maka komentar blog adalah nol. Cara lain untuk memeriksa tautan nofollow dengan cepat adalah dengan menggunakan program seperti plug-in NoFollow Google Chrome. Plug-in ini menyoroti semua tautan yang nofollow saat Anda bergerak di web. Ini adalah cara yang sangat cepat untuk melihat situs apa yang memberikan jus Google dan situs apa yang tidak.

Misalnya, lihatlah situs ini, EzineArticles. Setiap tautan di bagian utama artikel di EzineArticles adalah tautan nofollow. Tautan di kotak penulis, bagaimanapun, adalah tautan follow reguler. Jadi manfaat untuk penulis menulis artikel adalah untuk mendapatkan backlink dari situs web berkualitas seperti EzineArticles. Beberapa contoh lain adalah bagaimana feed berita Facebook adalah semua tautan nofollow, seperti tautan apa pun yang ditemukan di feed Twitter. Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa orang menempatkan tautan di situs ini jika mereka tidak mendapatkan kredit tautan balik? Alasan orang menempatkan tautan di area nofollow ini adalah untuk mengarahkan lalu lintas organik ke situs web (artinya orang yang sebenarnya mengklik tautan tersebut sebagai lawan dari hanya tautan untuk bot Google untuk diikuti). Ini juga manfaat mengomentari blog atau artikel yang Anda sukai – bahkan jika tautan yang Anda berikan adalah nofollow. Tentunya, Anda dan pembaca blog tertarik pada subjek yang serupa. Jika Anda membuat komentar yang menarik berdasarkan artikel tersebut, Anda mungkin mengesankan cukup banyak orang untuk mengeklik tautan Anda dan memeriksa situs web Anda. Semakin banyak lalu lintas yang Anda dapatkan ke situs web Anda, semakin Google mengenali situs Anda sebagai situs populer, tanpa backlink!

Jadi saat membuat tautan balik, pastikan untuk memeriksa apakah tautan akan mengikuti atau nofollow. Karena kecuali Anda ingin mengarahkan lalu lintas organik ke situs web Anda dari situs lalu lintas tinggi yang mendapatkan banyak visibilitas, backlink nofollow tidak akan membantu Anda.

Write a Comment